Site blog
UIGM: Program Universitas Telkom terhadap Penghijauan dan Lingkungan
Universitas Telkom (Telkom University) memiliki program terhadap penghijauan dan lingkungan untuk menjadi green campus, sehingga perlu melakukan program-program yang diantaranya sebagai berikut.
Pengaturan dan Infrastruktur
Dalam masa pengembangan infrastruktur, sebelum Telkom University berdiri pada tahun 2013, terdapat empat institusi yang dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom, yang diantaranya: Institut Teknologi Telkom, Politeknik Telkom, Institut Manajemen Telkom, dan STISI Telkom. Sebelumnya lagi, sebelum STT Telkom berdiri pada 1994, berdirilah sebuah stasiun menara radio transmitter yang tertua kedua di Indonesia. Telkom University dibentuk dengan bergabungnya empat institusi pendidikan dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom.
Dalam program pembentukan green campus, Telkom University memiliki infrastruktur pendukung, diantaranya: sumur resapan, yang berfungsi menghasilkan air bersih yang dipompa dari bawah tanah; danau galau—yang terletak di antara gedung Fakultas Indutri Kreatif dan gedung Tukong Nanas—, berfungsi menampung air hujan sekaligus tempat healing; sistem transportasi seperti TUC (Telkom University Car) yang sebagiannya berupa kendaraan listrik; selokan; taman dekat danau; dan lain sebagainya.
Energi dan Perubahan Iklim
Pada di dalam Gedung Fakultas Teknik, telah dipasang PLC (Programmable Logic Controller) yang berfungsi mengatur pemakaian AC untuk membuat pemakaian listrik menjadi lebih efisien. Cara kerjanya adalah AC akan otomatis berhenti selain pada jam kerja pada pukul 06:30—17:00 WIB karena jam-jam tersebut adalah jam sibuk yang digunakan untuk melakukan perkuliahan, praktikum, dan lain-lain.
Selain itu, penerapan lainnya adalah pada lampu penerangan jalan yang menggunakan sel surya sebagai sumber energi. Ada 15 persen dari total lampu penerangan jalan yang menggunakan sel surya.
Limbah dan Daur Ulang
Limbah di dalam lingkungan Telkom University diolah dengan cara berikut, diantaranya: pemilahan limbah berbahan organik, anorganik, dan limbah botol plastik, dilakukan dengan membuat tong sampah khusus untuk masing-masing jenis limbah; lalu recyling, yaitu dengan pengomposan limbah organik, pengolahan limbah makanan sisa menjadi pakan hewan, pengolahan limbah organik dan anorganik dengan keluaran berupa karbon yang berguna dalam kesuburan tanaman.
Refrensi: https://greencampus.telkomuniversity.ac.id/id/
By:
Czar Edgard Vincent Montoya
1102220128
EL-46-02
The subject I wanted to analyze is a community called Neo Historia. It is a community that provides a place to develop interest in the world of history, meet new friends, collaborate together and other interesting activities. This community was established in July 20th, 2019 in Medan, North Sumatra. It has the aim to introduce history in a fun way. Right now, they already opened an office branch in Jakarta and Surabaya.
What I think is interesting from their content is that they can present history, something that most of us considered as a boring subject, in a new and interactive way. They repackaging history in a fun meme that stuck in our mind. Therefore, we will not easily forget it and we can understand the history even better.
Neo Historia have several media platforms, some of it are: Official website, Facebook, Instagram, Twitter, and LinkedIn. On their website, they publish about the introduction, Questions and Answers, and also how to join them. On their Facebook, Instagram, and twitter, they uploaded their main content, which is historical memes. While on their LinkedIn, they upload about their community activities and information about whether they need a new member. Neo Historia is divided between six canals. Each with their specification. There are: Neo Historia (English based content), Neo Historia Indonesia (Indonesian based content), Neo Mistik Posting (Mystical and mythical based content), Neo Historia Aksara (Traditional script-based content), Barisan Ummat Neo (Islamic based content), and Neo Christposting (Christian based content).
In my opinion, the most effective media they used is Instagram. It is because their main content is meme, which emphasize image as their main focus. We all know that Instagram is picture-based social media, so it suits their objectives at the first place. Other than that, Instagram is the most popular social media among young generations. So, most likely their content will reach young people easily.
Kota Bekasi menjadi kota yang cukup terkenal sebagai kota 'transit' atau pula kota pendamping Jakarta. sebagai kawasan perkotaan yang terus berkembang, Kota Bekasi sangat berpotensi mengungguli kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta atau Bandung. Meski dari segi jumlah penduduk antara Kota Bekasi dengan kedua kota tersebut tidak terlalu jauh jaraknya, tetapi dari segi administrasi dan tata kelola kota, Bekasi masih sedikit mengalami keterlambatan. Seperti dimana saat tahun 2014 silam, Kota Bekasi menjadi puncak pembicaraan di dunia maya karena banyaknya permasalahan yang ada pada kota ini.
Yayat Supriyatnya, selaku Pengamat Tata Kelola Kota menilai bahwa "Jokes atau kata-kata plesetan tentang Bekasi merupakan kritik sosial yang disampaikan oleh masyarakat akibat dari tata kota Bekasi yang semakin tidak nyaman untuk dihuni"Kota Bekasi merupakan salah satu gerbang pintu masuk dan keluarnya lalulintas dari berbagai kota disekitarnya, hal ini dikarenakan letak Kota Bekasi yang strategis. Seperti yang kita semua tahu, Kota Bekasi secara geografis membentang pada posisi 106o48’28”-107o27’29” Bujur Timur dan 6o10'6-6o30'6 Lintang Selatan. Maka bisa dikatakan luas wilayah kota Bekasi mencapai 210,49 km2 yang membujur dari arah selatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten Bogor dan kota Depok, sampai dari arah barat yang berbatasan langsung dengan provinsi DKI Jakarta.
Banyaknya pengendara dari berbagai kota disekitar kawasan Bekasi yang setiap harinya melintasi kota Bekasi tetapi tidak didukung oleh ketersediaan jalan, alhasil riuh kemacetan kerap mewarnai arus lalu lintas di Bekasi. Maka dari itu jika suatu kota menjadi lebih padat penduduknya, ketersediaan ruang terbuka juga otomatis berkurang sehingga inilah yang mempengaruhi kualitas udara di kawasan tersebut. Jika suhu udara yang dirasakan semakin panas, maka secara langsung dapat dikatakan bahwa tingkat polusi yang ada juga semakin melaju tinggi.
Transportasi memang menjadi aspek yang paling penting bagi manusia dalam menunjang keseharian atau bahkan keberhasilan suatu kota dibidang perekonomian dan pengembangan wilayah. Alat transportasi digunakan untuk memperlancar kegiatan penumpang atau masyarakat untuk beraktivitas. Alat transportasi dibedakan menjadi tiga yaitu transportasi darat, laut, dan udara. Setiap transportasi berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dengan fasilitas yang memadai agar penumpang puas terhadap jasa yang mereka rasakan dan mereka mau menjadi pelanggan. Pelayanan memberikan nilai tersendiri dimata penumpang supaya terjalinnya hubungan yang kuat antara pengguna jasa dengan perusahaan. Tjiptono dalam Zakaria (2013:2)
Maraknya penggunaan kendaraan pribadi kian melejit tinggi, hal ini pastinya mempunyai dampak yang sangat banyak bagi keberlangsungan hidup maupun tatanan kota. Hal ini menjadi salah satu permasalahan yang sering diresahkan oleh masyarakat, seperti halnya jalur khusus untuk transportasi tertentu yang disalahgunakan oleh pengendara lain, serta keugal-ugalan pengendara bermotor yang seenaknya menggunakan kecepatan tinggi sehingga tidak peduli dengan keselamatan pengendara lain. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa bekasi sering disebut sebagai planet panas.Dengan adanya intensitas pengendara pribadi yang melunjak dan didukung oleh beragam asal dari pengendara itu sendiri yang menjadikan kota Bekasi sebagai kota yang panas karena jumlah polusi yang terus meningkat setiap harinya.
Oleh karena itu, lebih disaranka lagi untuk pemerintah kota bekasi, terutama dalam bidang tatanan kota dan transportasi agar lebih ditambahkan jumlah transportasi publik agar masyarakat berkenan untuk menggunakan transportasi publik dibandingkan dengan transportasi pribadi. Mungkin dengan adanya program ini akan sedikit membantu mengembalikan udara jernih bebas polusi di kota Bekasi. Serta pemerintah kerap menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan layanan transportasi umum untuk melakukan aktivitasnya. Selain itu pemerintah harus menyediakan transportasi umum yang mencukupi serta dapat menampung banyaknya masyarakat yang ada.
“Kita sudah ingin beralih menggunakan kendaraan umum tetapi karena jumlah yang di sediakan juga sedikit hingga harus berdesakan maka dari itu yang membuat kita berpikir dua kali dalam menggunakan kendaraan umum” komentar salah satu warga.
Dengan demikian Kota Bekasi membutuhkan kedua pihak antara masyarakat dan pemerintah untuk menyembuhkan penyakit polusi udara yang melanda kota ini. Tidak akan sempurna jika hanya satu pihak yang sadar akan kondisi kota Bekasi saat ini, harus ada pihak lainnya yang mendukung pemeliharaan kota Bekasi. Dengan demikian diharapkan untuk saling membantu dan memegang kewajiban agar kota Bekasi lebih sehat lagi.(Bandung, 05 Oktober 22')
Salah satu penyebab munculnya polusi di daerah perkotaan adalah limbah pabrik. Jika limbah dari pabrik dapat dikelola dengan baik, tentu hal ini tidak akan menimbulkan polusi yang membahayakan bagi lingkungan maupun kehidupan sekitar. Tapi nyatanya, saat ini banyak pabrik-pabrik yang membuang limbah langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu yang akhirnya berdampak pada lingkungan. Salah satu tempat yang menjadi langganan pembuangan limbah tersebut adalah sungai yang menyebabkan terjadinya polusi air. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan sungai-sungai di sekitar daerah perkotaan menjadi tercemar, contohnya seperti sungai Citarum yang bahkan pernah dinobatkan sebagai sungai paling tercemar di dunia. Dengan tercemarnya sungai, tentu kehidupan di dalamnya juga ikut terancam. Ikan yang biasanya hidup di sungai akan mulai mati dan menjadi langka. Tidak hanya itu, sumber air bersih yang bisa didapatkan dari sungai tidak bisa digunakan lagi akibat limbah yang sudah bercampur dengan air sungai.
Tidak hanya polusi air, limbah pabrik juga dapat menyebabkan polusi udara. Dengan adanya asap yang dikeluarkan oleh pabrik, tentu dapat menyebabkan polusi di udara. Asap pabrik yang biasanya mengandung gas metana dan karbon monoksida dapat merusak lapisan ozon yang akhirnya
menyebabkan efek rumah kaca atau pemanasan global. Hal ini dapat terjadi akibat kurangnya pepohonan yang biasanya menyerap gas tersebut di sekitar daerah perkotaan. Suhu yang semakin meningkat akibat dari pemanasan global tentu akan merugikan bagi manusia ataupun makhluk hidup lainnya. Tidak hanya itu, es yang yang ada di daerah kutub utara maupun selatan mulai mencair yang akan menyebabkan kapasitas air di laut meningkat sehingga daratan akan berkurang karena tenggelam.
Jika dilihat dari segi kesehatan, polusi udara akan membahayakan kehidupan terutama manusia. Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan akan semakin bertambah bahkan berkemungkinan munculnya penyakit baru yang akan diderita manusia. Tidak hanya manusia, makhluk hidup lainnya juga akan terkena dampaknya. Polusi udara akan memengaruhi paru-paru hewan sehingga rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, bahkan dapat meningkatkan kemungkinan resiko kardiovaskular akut dan penyakit arteri koroner.
Kerugian yang ditimbulkan oleh limbah pabrik sangat besar, mulai dari polusi air, udara, dan lingkungan yang menyebabkan pemanasan global serta munculnya masalah kesehatan. Hal ini tentu harus segera kita tangani sebelum kerusakan yang ditimbulkan semakin parah. Dengan menanamkan kesadaran pada diri kita masing-masing tentu dapat membantu pemerintah menindaklanjuti masalah ini. Dengan begitu, kita dapat berpartisipasi untuk melindungi bumi tercinta kita ini.
Reference:
https://www.detik.com/jabar/berita/d-6223351/7-fakta-sungai-citarum-sempat-jadi-sungai-terkotor-di-dunia
https://www.gramedia.com/literasi/limbah-industri/
https://www.republika.co.id/berita/q1cwoy414/lindungi-hewan-peliharaan-dan-pekerja-dari-polusi-udara
Perkenalkan Saya Afif Syam Fauzi Mahasiswa Telkom University Tahun 2022 Fakultas Ilmu Terapan Prodi Teknik Komputer
Menentukan Jalan Menggunakan Q-Learning
Anggota Kelompok
-Daffa Musyafa Maulana (1102194029)
-M. Athaariq Ardi (1102194209)
-Petrick Mikhael (1102174088)
Deskripsi Q-learning
Q-learning adalah algoritma pembelajaran berbasis nilai. Algoritme berbasis nilai memperbarui fungsi nilai berdasarkan persamaan (khususnya persamaan Bellman). Sedangkan tipe lainnya, policy based mengestimasi fungsi nilai dengan greedy policy yang diperoleh dari perbaikan kebijakan terakhir. Q-learning adalah pembelajar di luar kebijakan.
Deskripsi permasalahan
seorang agen harus berpindah dari titik awal ke titik akhir di sepanjang jalur yang memiliki rintangan. Agen harus mencapai target dalam jalur sesingkat mungkin tanpa mengenai rintangan dan dia harus mengikuti batas yang dicakup oleh rintangan. Demi kenyamanan kami, saya telah memperkenalkan ini dalam lingkungan grid yang disesuaikan sebagai berikut.
Tujuan
Membantu detektif sampai ke tujuan menggunakan Q-learning
Pemecahan masalah
Langkah 1: Inisialisasi Q-Table
Langkah 2: Pilih Tindakan(saat awal objek akan memilih secara acak kemana akan bergerak)
Langkah 3: Lakukan Tindakan(objek melangkah ke arah acak yang sudah dipilih sebelumnya
Langkah 4: Mengukur Imbalan(objek menilai bila mendekati tujuan +1 bila menjauhi -1 menganalisa apakah dia sudah sampai tujuan)
Langkah 5: Evaluasi(objek menganalisa apakah jalan yang dilaluinya sudah efisien
Penerapan Q-learning
Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa diawal objek keluar dari rintangan namun setelah itu kembali kedalam rintangan sampai ke tujuan hal itu terjadi karena Q-learning mempelajari diluar tindakan jadi setelah keluar Q-learning belajar diluar tindakan lalu berjalan menuju tujuan tanpa keluar rintangan lagi
Kesimpulan
Jadi disini kami membuat Tubes AI yang berjudul Menentukan Jalan Menggunakan Q-learning.Dengan menggunakan Q-learning menemukan jalan dapat dilakukan dengan lebih efisien karena objek tidak harus berjalan menelusuri seluruh wilayah dulu untuk mencapai tujuan namun cukup melangkah acak pada langkah pertama lalu berikutnya objek akan belajar secara mandiri tentang langkahnya selanjutnya dapat dilihat seperti gambar saat presentasi bahwa objek di awal keluar rintangan namun setelah itu kembali masuk kedalam lintasan dan tidak pernah keluar rintangan lagi sampai ke titik tujuan
Sumber:https://towardsdatascience.com/a-beginners-guide-to-q-learning-c3e2a30a653c
Menentukan Kecepatan Berkendara Yang Aman Pada Kondisi Tertentu
Anggota Kelompok 6:
- Muhammad Rafi Syauqi. D (1102190160)
- M. Akbar Alamsyah (1102190179)
- Riyadh Taufik (1102194003)
Deskripsi Permasalahan:
Setiap hari seorang pegawai berangkat kerja menggunakan mobil di suhu yang relatif panas (30°C) dan cerah(100%). Suatu saat mobil yang dipakainya tergelincir pada saat kondisi cuaca dingin (18°C) dan berawan(25%), ia terheran mengapa mobilnya bisa tergelincir sedangkan ia berkendara seperti biasa di kecepatan yang biasa ia tempuh di kondisi panas dan cerah. Dengan pengetahuan ini, ia mencoba untuk menghitung kecepatan aman berkendara di kondisi-kondisi tertentu.
Tujuan:
Tujuan dari pemecahan masalah ini adalah untuk mengetahui kecepatan aman untuk berkendara di kondisi suhu dingin dan cuaca berawan.
Deksripsi singkat Fuzzy Logic
Fuzzy Logic adalah pendekatan kalkulasi berdasarakan "degrees of truth" dibandingkan dengan angka biner 1 dan 0. Fuzzy Logic adalah bentuk logika dimana variable truth merupakan angka diantara 0 dan 1.
Kenapa solusi dicari menggunakan fuzzy logic?
-Fuzzy Logic fleksibel bisa digunakan untuk berbagai hal
-Fuzzy Logic mudah untuk dimengerti
-Fuzzy Logic memiliki toleransi untuk data yang kurang akurat
Pemecahan Masalah
- Jika suhu panas dan cuaca cerah, mobil melaju cepat
- Jika suhu dingin dan berawan, mobil melaju lambat
Pertama, kita hitung membership untuk input suhu
Rules Evaluation
Penerapan Fuzzy Logic
Kesimpulan
Penyelasaian Masalah "Penjadwalan Penyebrangan Kapal Pulau Pramuka" Menggunakan Metode Algoritma Genetika
Anggota Kelompok :
1. M. Reza Arrafi (1102193151)
2. R. Muhammad Valdi (1102192257)
3. Diwanda Naufal A. (1102194110)
· Deskripsi Metode
Algoritma Genetika adalah salah satu metode heuristic yang terinspirasi oleh teori evolusi alam Charles Darwin yang pertama kali dikemvangkan pada tahun 1975 oleh Jhon Hollan dari Universitas Michigan.
Algortitma Genetika merefleksikan proses dari seleksi natural dimana individu terbaik yang dipilih untuk bereproduksi dengan tujuan untuk menghasilkan keturunan pada generasi berikutnya. Proses dari seleksi alami diawali dengan menyeleksi individu terbaik dari sebuah populasi. Individu terbaik menghasilkan keturunan dimana mewariskan karakteristik dari orang tua dan akan ditambahkan ke generasi berikutnya. Jika parents memiliki karakteristik yang baik, maka keturunannya akan memiliki karakteristik yang lebih baik dan memiliki peluang untuk bertahan hidup.
· Latar Belakang Masalah
Contoh kasus yang kami buat yaitu "Pembuatan Jadwal Penyebrangan Kapal Antara Pulau Pramuka dan Ancol". Tujuannya yaitu, agar jadwal yang ada dapat mengakomodir seluruh kapal yang ada tanpa condong ke salah satu kapal. Pembuatan jadwal kapal ini akan menggunakan algoritma genetika dengan step – step berikut ini
· Metode Pemecahan Masalah
Terdapat 5 tahap dari Algoritma Genetika :
> Populasi
Sekumpulan individu yang akan diproses bersama dalam satu siklus proses evaluasi
> Fitness
Nilai yang menyatakan seberapa baik dalam suatu individu atau solusi yang didapatkan dengan nilai
terbaik. Nilai fitness bergantung pada permasalahan masing-masing
> Seleksi
Proses yang digunakan untuk mendapatkan kromosom-kromosom yang berkualitas sehingga dapat melanjutkan perannya dalam proses alogoritma genetika
> Crossover
Proses menghilangkan dua kromosom sehingga membentuk kromosom baru yang harapannya lebih baik dari pada induknya
> Mutasi
Proses penambahan atau menggantikan gen yang hilang dari populasi
· Kesimpulan
Algoritma berhenti jika populasi telah berkumpul (tidak menghasilkan keturunan yang berbeda secara signifikan dari generasi sebelumnya) dan dikatakan bahwa algoritma genetika telah memberikan sekumpulan solusi untuk masalah kita. Algoritma Genetika mungkin tidak selalu mencapai hasil yang terbaik, tetapi seringkali memecahkan masalah dengan cukup baik.