Blog entry by NADHIF FARIS ANDRIFA SPAER
Nama : Nadhif Faris Andrifa Spaer
Kelas : IF-46-09
NIM : 1301220434
Menghadapi Critical Life Skill
1. The Jobs Landscape in 2022
Top 10 Roles: Emerging, Declining,
a. Top 10 Emerging Roles
a. Data Analyst and Scientists
b. AI and Machine Learning Specialists
c. General and Operations Managers
d. Software and Applications Developers and Analysts
e. Sales and Marketing Professionals
f. Big Data Specialists
g. Digital Transformation Specialists
h. New Technology Specialists
i. Organisational Development Specialists
j. Information Technology Services
b. Top 10 Declining Roles
a. Data Entry Clerks
b. Accounting, Bookkeeping and Payroll Clerks
c. Administrative and Executive Secretaries
d. Assembly and Factory Workers
e. Client Information and Customer Service Workers
f. Business Services and Administration Managers
g. Accountants and Auditors
h. Material-Recording and Stock-Keeping Clerks
i. General and Operations Managers
j. Postal Service Clerks
2. CRITICAL LIFE SKILL
Skill untuk menghadapi critical life
a. Problem-Solving and Decision-Making
a. Analogy: menyesuaikan solusi dengan masalah sebelumnya yang memiliki fitur atau mekanisme serupa
b. Brainstorming: (terutama di antara kelompok orang) menyarankan sejumlah besar solusi atau ide dan menggabungkan dan mengembangkannya hingga solusi optimal ditemukan
c. Divide and Conquer: memecah masalah yang besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan dapat dipecahkan
d. Hypothesis Testing: asumsi penjelasan yang mungkin untuk masalah dan mencoba untuk membuktikan (atau, dalam beberapa konteks, menyangkal) asumsi
e. Lateral Thinking: mendekati solusi secara tidak langsung dan kreatif
f. Proof of Impossibility: mencoba membuktikan bahwa masalah tidak dapat diselesaikan. Titik di mana pembuktian gagal akan menjadi titik awal untuk menyelesaikannya
g. Root Cause Analysis: mengidentifikasi penyebab suatu masalah
b. Creative Thinking and Critical Thinking
a. Critical Thinking
The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.
b. Creative Thinking
The ability to look at things differently, and find new ways of solving problems.
c. Communication and Interpersonal Skill
a. Communications skills
Kemampuan untuk menyampaikan, menerima, dan memproses informasi. Mereka adalah sifat-sifat yang memungkinkan Anda membuat permintaan, mengajukan pertanyaan, memahami instruksi, memberikan arahan, dan menyampaikan informasi dengan jelas dan ringkas.
b. Interpersonal skills
Kemampuan untuk menangani konflik, kerja tim, empati, mendengarkan, dan sikap positif. Bersikap fleksibel dan positif, mampu mendengarkan, dan berkomunikasi dengan baik meliputi komunikasi verbal dan nonverbal.
d. Self-Awareness and Empathy
a. Self-awareness
Kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana tindakan, pikiran, atau emosi Anda selaras atau tidak selaras dengan standar internal Anda.
b. Empathy
Kemampuan untuk memahami bagaimana perasaan orang lain, dan itu sangat penting untuk kecerdasan emosional menjadi lebih sadar akan perasaan dan emosi orang lain dan melibatkan tanggapan terhadap orang berdasarkan informasi ini.