Blog entry by VINCENTIUS EVAN ADIBRATA

Anyone in the world

Universitas telkom merupakan kampus yang mengusung green campus. Seringkali universitas Telkom melakukan penanaman pohon di berbagai sudut kampusnya yang sangat luas. Universitas Telkom sendiri menduduki peringkat ke-9 menurut UI Green Metric di Indonesia dan peringkat ke-102 di dunia. Fasilitas kampus hijau yang ada di Universitas Telkom antara lain : green house, fasilitas pengomposan yang mampu mengolah 700-1000 kg daun per hari, bank sampah, insinerator, dan hammer mill. Di dalam kampus juga terdapat tempat penelitian dan rekreasi sebagai rumah bagi sekitar 2500 pohon, dilengkapi dengan kolam ikan dan sawah.

Pada hari Jumat, 14 Oktober 2022 kemarin, saya bersama dengan teman-teman saya dan juga wali dosen melakukan observasi dengan mengunjungi sudut-sudut di Universitas Telkom yang berkaitan dengan kampus hijau. Ada banyak sekali pohon yang menjulang tinggi di sekitar kampus ini. Banyak juga jenis pohon yang sangat beragam dan juga sangat unik. Penataan gedung yang bagus juga membuat ruangan belajar di GKU terasa sejuk meskipun tidak menggunakan AC. Kami juga melihat adanya peternakan kambing dan juga maggot yang dapat dimanfaatkan secara ekonomi dari kotoran kambing yang dapat dijadikan pupuk kompos dan juga maggot yang dapat menjadi pakan untuk ternak. Semuanya telah dipertimbangkan baik dalam aspek ekonomi dan berbagai aspek lainnya sehingga dapat menguntungkan dalam segala bidang.

Pada akhirnya, semua yang dilakukan Universitas Telkom untuk mewujudkan green campus akan menimbulkan banyak dampak positif bagi kehidupan di sekitar kampus bahkan untuk kualitas udara di daerah sekitar. Orang-orang sekitar dapat memanfaatkan tumbuhan untuk konsumsi atau bahkan ekonomi. Udara di sekitar juga pasti bakal lebih sejuk karena banyaknya pohon di Universitas Telkom. Ini juga dapat membantu agar banyak kampus juga yang berlomba-lomba mewujudkan green campus sehingga kondisi udara di dunia dapat selalu membaik.