Blog entry by PUTRI NURRIZKA RAMADHANI

Anyone in the world

UIGM : Telkom University Green Campus


            UIGM adalah inovasi UI yang telah terkenal luas di seluruh dunia sebagai pemeringkatan perguruan tinggi di dunia dalam pengeloaan lingkungan hidup kampus. UIGM sekarang semakin di kenal dan di ikuti oleh perguruan tinggi di berbagai dunia. Pada tahun ini jumlah peserta yang mengikuti UIGM tercatat 912 universitas dari 84 negara di dunia. Penilaian UIGM dilandasi oleh 3 pilar diantaranya sebagai berikut, Lingkungan Hidup, Ekonomi, dan Sosial.

 

            Telkom University (Tel-U) sendiri merupakan perguruan swasta terbaik di Indonesia menurut kementerian pendidikan dan kebudayaan. Tel-U juga ikut berpartisipasi dalam program UIGM. Tel-U bertekad untuk menjadikan universitas riset dan kewirausahaan. Tel-u memiliki area seluas +- 50 Ha yang merupakan 87,59% nya adalah area terbuka, 16,17% wilayah tertutup vegetasi hutan, dan 26,26% wilayah tertutup vegetasi tanaman. Tel-U sendiri menduduki peringkat 102 dalam skala global dan peringkat 9 dalam skala Nasional. Salah satu program yang telah dilakukan oleh Tel-U adalah :

1.      Pengelolahan Sampah

Salah satu kegiatan Telkom University dalam berpartisipasi UIGM melakukan pengurangan penggunaan sampah plastik, pengolahan limbah dan daur ulang salah satunya ialah mengubah sampah menjadi pupuk atau kompos.


 Pupuk yang dihasilkan dari limbah sampah

 

2.      Pengelolahan Air

Pengelolaan air bertujuannya agar perguruan tinggi dapat mengurangi penggunaan air, meningkatkan program konservasi, dan melindungi habitat.

 

Pengolahan Air

 

3.      Pengelolahan Energi

Penggunaan peralatan hemat energi, kebijakan penggunaan energi terbarukan, total penggunaan listrik, program konservasi energi, green building, program adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, kebijakan pengurangan emisi gas rumah kaca. Dengan indikator ini, perguruan tinggi diharapkan dapat meningkatkan upaya efisiensi energi pada gedung-gedungnya dan lebih memperhatikan alam dan sumber daya energi.


 Tata Surya


4.      Pengolahan Transportasi

Sistem transportasi memegang peranan penting terhadap emisi karbon dan tingkat polutan di perguruan tinggi. Kebijakan transportasi untuk membatasi jumlah kendaraan bermotor di kampus, penggunaan bus kampus dan sepeda akan mendorong lingkungan yang lebih sehat. Kebijakan pejalan kaki akan mendorong mahasiswa dan staf untuk berjalan di sekitar kampus, dan menghindari penggunaan kendaraan pribadi. Penggunaan transportasi umum yang ramah lingkungan juga dapat mengurangi jejak karbon.


 Tuc Tuc

 

 

Referensi :

1.      https://greencampus.telkomuniversity.ac.id/

2.      https://greenmetric.ui.ac.id/profile/telkomuniversity.ac.id

3.      https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kampus-kita/ui-greenmetric-umumkan-daftar-kampus-berkelanjutan-di-dunia-dan-indonesia/

4.      https://universitastelkomkulon.blogspot.com/2021/03/serba-serbi-telkom-university-part-1.html

                                                                                    


[ Modified: Friday, 21 October 2022, 7:16 PM ]