Blog entry by SULAIMAN HADI HIBATULLAH

Anyone in the world

UIGM : TELKOM UNIVERSITY GREEN CAMPUS

 

UIGM adalah inovasi Universitas Indonesia yang berfokus pada tata letak dan pengolahan lingkungan hidup dalam sekitaran kampus. Oleh karena itu Telkom University juga melakukan kegiatan tersebut yang bernama Green Campus. Kegiatan tersebut dimulai dari Energi, Limbah dan Daur Ulang, Pengolahan air, Transportasi dalam kampus,

 

PROGRAM 1 : Energy

Dalam penggunaan peralatan hemat energi, kebijakan penggunaan energi terbarukan, total penggunaan listrik, program konservasi energi, green building, program adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, kebijakan pengurangan emisi gas rumah kaca. Dengan indikator ini, perguruan tinggi diharapkan dapat meningkatkan upaya efisiensi energi pada gedung-gedungnya dan lebih memperhatikan alam dan sumber daya energi.


#Penggunaan lampu LED dengan tenaga surya with sensor human walk

 

PROGRAM 2 : Waste and Recycling

Kegiatan pengolahan limbah dan daur ulang merupakan faktor utama dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Kegiatan staf universitas dan mahasiswa di kampus akan menghasilkan banyak limbah, oleh karena itu beberapa program dan pengolahan limbah harus menjadi salah satu perhatian universitas, yaitu program daur ulang, beracun. daur ulang sampah, pengolahan sampah organik, pengolahan sampah anorganik, pembuangan air limbah, kebijakan pengurangan penggunaan kertas dan plastik di lingkungan kampus.

Contoh : Pemisahan kategori organik, non-organik dan botol dengan ketentuan khusus sampah.

 


PROGRAM 3 : Water

Penggunaan air di kampus merupakan indikator penting lainnya di Greenmetric. Tujuannya agar perguruan tinggi dapat mengurangi penggunaan air, meningkatkan program konservasi, dan melindungi habitat. Program konservasi air, penggunaan air perpipaan merupakan salah satu kriterianya. Indikatornya adalah: Pelaksanaan program konservasi air, Pelaksanaan program daur ulang air, Penggunaan peralatan hemat air (kran air, flush toilet, dll), dan Air olahan yang dikonsumsi.

Contoh : Penyaringan air ini dilakukan untuk menyaring air yang mengalir sebelum masuk ke waduk Situ Tekno. Air dari sungai di sekitar kampus dan juga air dari pembuangan bangunan melalui tahap ini sebelum masuk ke penampungan akhir yaitu Danau Tekno. Jadi, air yang masuk ke area danau sudah bersih, dan kotoran sudah mengendap.



PROGRAM 4 : Transportation

Sistem transportasi memegang peranan penting terhadap emisi karbon dan tingkat polutan di perguruan tinggi. Kebijakan transportasi untuk membatasi jumlah kendaraan bermotor di kampus, penggunaan bus kampus dan sepeda akan mendorong lingkungan yang lebih sehat. Kebijakan pejalan kaki akan mendorong mahasiswa dan staf untuk berjalan di sekitar kampus, dan menghindari penggunaan kendaraan pribadi. Penggunaan transportasi umum yang ramah lingkungan akan mengurangi jejak karbon.

Contoh : Kebijakan penyediaan kawasan ramah pejalan kaki bagi pejalan kaki.

 


Note : Kebijakan ini bagus tp memiliki sisi negative bagi mahasiswa/mahasiswi berada di asrama ketika sedang sakit dan ingin berobat harus berjalan kaki ke Telkom medika yang berada di ujung kampus.

 

Referensi : https://greencampus.telkomuniversity.ac.id/


[ Modified: Friday, 21 October 2022, 1:29 AM ]