Blog entry by JEVON SEBASTIAN

Anyone in the world

Rangkuman Materi Temu Alumni 

19/11/2022


Webinar kali ini dibawakan oleh seorang pembicara yang merupakan alumni Informatika Telkom University, Bapak Tamami Efendi yang mengangkat judul materi "Mengasah Critical Life Skill"

1

Menurut data yang telah dianalisa oleh narasumber, skill yang dibutuhkan di tahun 2020 adalah sebagai berikut. 

- Complex Problem Solving

- Critical Thinking

- Creativity

- People Management 

- Coordinating with Others

- Emotional Intelligence 

- Judgment and Decision Making  

- Service orientation 

- Bargaining

- Cognitive Flexibility

2


> Critical Life Skill

1. Problem solving and decision making. 

a.) Analogy, yaitu menerapkan solusi yang ada dari permasalahan-permasalahan dengan mekanisme yang serupa.

b.) Brainstorming , yaitu menyediakan solusi dalam kuantitas yang banyak dan menggabungkan serta mengembangkan solusi-solusi tersebut hingga mendapatkan solusi yang terbaik.

c.) Divide and conquer, yaitu memecah permasalahan yang besar dan kompleks untuk menjadi lebih sederhana.

d.) Hypothesis testing -> Berasumsi untuk menjelaskan permasalahan terkait dan mencoba membuktikan asumsi tersebut.

e.) Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively.

-> What & when : ketika belum ada solusi/terlalu kompleks, tidak terbatas pada solusi linear tetapi juga memanfaatkan problem.

-> How : jika problem tidak bisa dihilangkan, gunakan dan tindakan kreatif apa yang bisa dilakukan.

f.) Proof of impossibility, yaitu ketika pembuktian gagal, tahap penyelesaian dimulai.

g.) Root cause analysis, yaitu mengidentifikasi akar permasalahan.


2. Creative thinking and critical thinking

a.) Creative thinking, yaitu melihat sesuatu dari perspektif yang baru dan menyelesaikan permasalahan melalui cara-cara baru/alternatif.

b.) Critical thinking, yaitu menganalisa fakta, bukti, observasi, dan argumen untuk menilai sesuatu.


3. Communication and interpersonal skill

a.) Communication skills, yaitu kemampuan membagikan, menerima, dan mengolah informasi.

b.) Interpersonal skills, yaitu kemampuan mengatasi konflik, kerja sama, empati, mendengarkan dan berperilaku positif dalam berkomunikasi (contoh: ramah, refleksi diri, percaya diri, active listening, terbuka, dll).


4. Self awareness and empathy

a.) Self awareness, yaitu kemampuan untuk fokus ke diri sendiri dan bagaimana tindakan, pikiran, dan emosi pribadi selaras/tidak selaras dengan standar pribadi.

b.) Empathy, yaitu kemampuan memahami perasaan orang lain.


3


Jevon Sebastian_1301223391_IF-46-10