Blog entry by TSAMARA KHAIRUNNISA FADHILAH

Picture of TSAMARA KHAIRUNNISA FADHILAH
by TSAMARA KHAIRUNNISA FADHILAH - Friday, 18 November 2022, 8:50 AM
Anyone in the world

Tsamara Khairunnisa Fadhilah

1102223246

EL-46-06

Tugas Besar HEI

 

Gerakan Peduli terhadap Lingkungan di area kampus

Lingkungan hidup sendiri memiliki definisi yang berarti kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Dari definisi tersebut bisa diartikan bahwa  lingkungan hidup adalah kesatuan ruang, artinya adalah lingkungan hidup sebagi suatu wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi. Jadi ruang dalam lingkup lingkungan hidup adalah segala ruang yang termasuk dalam lingkup atmosfer bumi.

Lingkungan yang sehat  adalah segala sesuatu disekitar yang dapat mempengaruhi perkembangan hidup manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan yang sehat akan berdampak baik bagi kehidupan manusia. udara bersih, adanya tempat sampah, banyak tanaman hijau, saluran air yang lancar dan tidak berbau, serta pengelolaan sampah yang baik merupakan ciri ciri lingkungan yang sehat. Lingkungan yang sehat ada karena lingkuingan yang bersih. Untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih tentunya harus melibatkan peran setiap orang. Karena tidak bisa dari satu orang saja.

Rasa kesadaran peduli terhadap lingkungan harusnya ditanamkan sejak dini, agar mengenal dan membisakan diri kita untuk hidup dengan bersih. Sering kali kita mendengar masalah mengenai sampah yang dibuang tidak pada tempatnya, masalah tersebut pun bisa terjadi dimana saja, tidak hanya di lingkungan masyarakat akan tetapi masalah tersebut bisa saja terjadi di lingkungan kampus. Banyak dari kita yang masih kurang menyadari dan memperhatikan lingkungan di sekitar kita. Dan tak sedikit dari kita yang masih saja membuang sampah sembarangan, padahal sudah banyak sekali bencana yang telah terjadi disebabkan karena sampah – sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Karena itu lah kita sebagai mahasiswa tentunya harus lebih sadar terhadap lingkungan sekitar dan mampu menanamkan rasa kepulian terhadap di lingkungan sekitar kita, terutama lingkungan kampus.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai mahasiswa untuk menciptakan lingkungan kampus yang bersih dan nyaman, misalnya seperti menjaga kebersihan, sanitasi dan drainase, memilah dan membuag sampah pada tempatnya, mengolah sampah dengan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), menanam dan memelihara pohon atau tanaman, konservasi air yaitu pengelolaan air bersih melalui teknologi atau perilaku social, konservasi energi yaitu tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi tanpa mengurangi keamanan,  dan masih banyak lagi kegiatan peduli terhadap lingkungan.

      Demikian yang bisa saya sampaikan, saya berharap kita sebagai mahasiswa mampu menciptakan dan menjaga lingkungan kampus dan juga lingkungan sekitar kita menjadi lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman. Sekian dan terima kasih.