Blog entry by HIBATUL AZIZI ANANTA SAKTI

Picture of HIBATUL AZIZI ANANTA SAKTI
by HIBATUL AZIZI ANANTA SAKTI - Friday, 18 November 2022, 12:28 AM
Anyone in the world

Nama: Hibatul Azizi Ananta Sakti

NIM: 1102223142

Kelas: EL-46-07


Gerakan Lingkungan


Gerakan Lingkungan adalah gerakan sosial dan politik yang di arahkan untuk pelestarian, restorasi dan peningkatan kualitas lingkungan hidup melalui pendidikan publik, advokasi perubahan gaya hidup, perbaikan perencanaan komunitas, perubahan ekonomi uang serta perombakan kebijakan Negara. Gerakan Lingkungan sendiri telah banyak dilakukan di negara kita, Indonesia, contohnya seperti Reboisasi, Penanggulan Sampah, Pembuatan Waduk, dan masih banyak lagi.

 

            Di kampus kita tercinta, Telkom University memiliki lingkungan yang bisa dibilang tergolong bersih dan nyaman serta bebas dari polusi yang terlalu berlebihan. Kebersihan lingkungan Telkom tidak luput dari upaya kerja keras cleaning service ataupun satpam yang bertugas serta para petugas yang bekerja untuk merawat pepohonan dan rumput yang ada di lingkungan dengan baik, dari bagian mahasiswa serta dosen pun berpartisipasi untuk menjaga lingkungan di Telkom, contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga ketertiban serta mentaati aturan kampus. Gerakan lingkungan yang sudah dilakukan oleh seluruh civitas Telkom University adalah seperti adanya kegiatan peduli lingkungan seperti kegiatan yang rutin dilakukan oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) ASTACALA, dimana UKM ini sendiri bergerak dibidang kecintaan alam dan kegiatan rutin yang mereka lakukan adalah "Jumat Bermanfaat", dimana kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kampus agar tetap terjaga. Ada juga program Green Campus, dimana program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kampus yang bersih, sehat, dan asri, serta nyaman demi keberlangsungan kegiatan belajar mengajar.

 

            Telkom University merupakan kampus terhijau ke-9 di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Universitas Indonesia (UI) Green Metric Pada  Desember 2020. Hal tersebut menjadi salah satu prestasi membanggakan bagi Telkom University sebagai kampus swasta di Indonesia. Berbagai upaya yang membuat Telkom University menjadi Kampus Hijau diantaranya yaitu, penanaman banyak pohon di area kampus dan pembuatan  sumur resapan 1000 biopori pada kampus seluas 50 hektare tersebut. Beragam penerapan teknologi hijau juga terus dikembangkan oleh Telkom University, seperti produksi kendaraan listrik untuk transportasi agar mempermudah mahasiswa dalam menjangkau area di dalam kampus  serta patrol keamanan kampus.

 

            Demikian artikel singkat yang bisa saya sampaikan untuk tugas Pembentukan Karakter yang bertema Gerakan Lingkungan. Saran saya untuk Gerakan lingkungan di area kampus adalah untuk selalu menjaga kebersihan kampus dan selalu mentaati aturan yang ada di kampus, seperti selalu membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuangnya sembarangan.


[ Modified: Friday, 18 November 2022, 12:29 AM ]