Blog entry by ANDREAN AKBAR MAULANA

Anyone in the world

Penggunaan kendaraan bermotor

Meningkatnya pengguna kendaraan bermotor di kalangan mahasiswa kini mempengaruhi ketersediaan lahan parkir di sebuah universitas / kampus, hal ini kadang memicu banyaknya mahasiswa yang kadang parkir sembarangan akibat tidak kebagian lahan parkir. Tak terkecuali di Telkom university.

Dari data bahwa Telkom university sudah menerima 8.036 mahasiswa baru di tahun 2022 yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Tentunya mahasiswa banyak yang menggunakan transportasi untuk mobilitas berangkat dan pulang kampus. salah satu contohnya adalah menggunakan kendaraan bermotor yang mana menyebabkan lahan di parkiran menjadi penuh, apalagi di jam-jam sibuk kampus sehingga terjadinya parkir sembarangan dan penumpukan pada beberapa area.

Hal ini pun membuat banyak mahasiswa parkir di kantin asrama putra yang mana sebenarnya itu tidak boleh parkir untuk mahasiswa. Kampus pun sudah mengambil Tindakan berupa himbauan yang di tempel di jalan masuk ke parkiran kantin asrama putra yang bertuliskan ”motor dilarang parkir/ bukan tempat parkir”. Tapi bukannya makin tertib justru makin banyak mahasiswa yang memaksa masuk dan parkir di kantin asrama putra yang menyebabkan parkiran di kantin menjadi penuh dan banyak pula yang parkir sembarangan.

Hal lainnya yaitu penggunaan helm dan KTM(kartu tanda mahasiswa) yang masih banyak mahasiswa anggap remeh. Yang mana penggunaan helm sangat penting bagi keamanan mahasiwa Ketika memasuki kampus atau setelah keluar dari lingkungan kampus.dan juga penggunaan KTM Ketika hendak keluar dari area parkir masih saja banyak mahasiwa yang tidak membawa KTM atau lupa membawa KTM sehingga seringkali ditemukan 1 KTM untuk 2 kendaraan atau lebih. Yang mana itu melanggar aturan dari kampus,  menurut saya KTM merupakan akses keluar-masuk yang cukup aman dan efisien untuk mencegah terjadinya hal-hal tidak terduga seperti pencurian kendaraan dll.

Dan yang terakhir adalah akses jalanan di area kampus baik di dalam maupun luar kampus yang mana masih banyak dijumpai jalanan yang kurang layak yang bisa membahayakan keamanan saat berkendara bagi warga kampus. Semoga kedepannya permasalahan baik lahan parkir dan akses jalan di kampus bisa segera di tangani oleh pihak kampus demi keamanan dan kenyamanan seluruh warga kampus Telkom university