Entri blog oleh M.AULIA PRIADANA SETIAWANKUSUMA

Siapa pun di dunia

Nama         :  PRIADANA SETIAWAN
Nim              :  1301223307
Kelas          :   IF-46-09


Kesenjangan pendidikan adalah salah satu masalah yang terjadi di era society 4.0 saat ini. Di Negara Indonesia pendistribusian kualitas pendidikan masih belum merata hingga ke daerah terpencil sehingga terdapat perbedaan kualitas sumber daya manusia antara di daerah terpencil seperti desa dengan di kota. Seharusnya kualitas pendidikan dapat didistribusikan secara merata oleh pemerintah sehingga tidak terjadi kesenjangan pendidikan.

LATAR BELAKANG
Mendapatkan kualitas pendidikan yang baik dan fasilitas pendidikan yang layak adalah hak setiap warga di Indonesia. Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap orang untuk membuat seseorang menjadi berkualitas, memiliki pengetahuan yang luas, dan memiliki keterampilan atau skill yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Namun, pada kenyataannya terdapat perbedaan kualitas pendidikan dan fasilitas pendidikan antara di kota dan di daerah yang terpencil seperti desa. Hal ini menyebabkan terjadinya kesenjangan pendidikan di Indonesia. Kesenjangan pendidikan ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti pendistribusian kualitas pendidi kan yang kurang baik dan masih belum menerapkan nilai-nilai Pancasila, tenaga pengajar yang tidak memadai, serta tantangantantangan dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang merata di era society 4.0.

Oleh sebab itu, hal tersebut menjadi alasan yang penting untuk dibahas dalam esai ini bagaimana cara untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang merata di setiap daerah di Indonesia yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Jika kualitas pendidikan merata maka kualitas sumber daya manusia di Indonesia juga akan meningkat sehingga tujuan nasional Indonesia dapat terwujud. Menurut kami terdapat beberapa urgensi atau masalah yang masih melekat didunia pendidikan saat ini serta perlu dibahas yaitu :

1. Apa itu Pendidikan?
2. Apakah pendistribusian kualitas pendidikan sudah sejalan dengan nilai-nilai pancasila?
3. Apakah tantangan dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang merata di era society 4.0 yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila?
4. Apakah kualitas setiap tenaga pengajar sudah memenuhi kebutuhan pendidikan di era society 4.0?

Tujuan dibuatnya esai ini adalah sebagai bentuk memenuhi tugas tengah semester mata kuliah Pendidikan Pancasila, memberikan informasi dan menganalis terkait urgensi yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila serta kondisi terkini yang terjadi saat ini yaitu dari pendistribusian kualitas Pendidikan, tantangan dalam mewujudkan kualitas Pendidikan yang merata di era society 4.0, dan kualitas pengajar di era society 4.0

PENGUMPULAN DATA
Untuk melakukan pengambilan data sebagai referensi pada bagian analisa, kami memilih metode pengumpulan data survei dengan instrumen kuesioner berbentuk pertanyaan sederhana pada formulir online yang telah kami sediakan. Kuesioner sebagai salah satu instrumen yang paling banyak di pakai di berbagai penelitian sosial

ANALISA
Metode pengumpulan data yang telah dijelaskan di atas, kami memilih metode analisis isi dengan menganalisis isi dari sumber ilmiah dan analisis sekunder dengan menganalisis data survei yang memudahkan kami dengan tidak menggunakan objek “manusia” sebagai objek penelitian dengan memanfaatkan sumber data yang sudah ada seperti jurnal-jurnal ilmiah, ebook, data yang sudah dikumpulkan seperti survei serta jurnal.


PENGERTIAN PENDIDIKAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat

KESIMPULAN
Pendidikan merupakan suatu hal yang patut diperhatikan di Era Sociaty 4.0 ini agar suatu orang bisa berkembang, namun dalam meningkatkan kualitas pendidikan pasti saja menghadapi suatu tantangan, contohnya seperti tidak meratanya pendistribusian sarana prasarana dan juga tidak meratanya kualitas tenaga pengajar. Hal ini tentu saja bisa memperlambat proses pendidikan di Era Society 4.0 dan juga hal ini akan mengakibatkan menurunnya suatu daya saing setiap individu di suatu negara, masalah pendidikan yang telah disebutkan diatas tentunya dapat ditanggulangi dengan berpedoman kepada nilai-nilai Pancasila disetiap kebijakan yang ditetapkan.