Situs blog
Sebagai mahasiswa informatika, banyak dari kita yang mengalami ketidakpercayaan diri terhadap skill yang akan/telah kita pelajari di dalam perkuliahan. Salah satu mahasiswa yang tidak percaya diri adalah diri saya sendiri. Sejujurnya saya takut setelah saya lulus, saya sulit mendapatkan pekerjaan karena skill informatics yang minim dicari. Namun, pada webinar kali ini ditampilkan bahwa skill informatics semakin dibutuhkan didunia ini. Webinar ini juga memberikan wawasan tentang skill-skill yang harus kita kembangkan untuk menjadi lebih baik. Kita harus bisa mengatasi sebuah masalah dan membuat keputusan, hal ini dapat diraih dengan beberapa langkah yaitu menganalogis masalah dengan masalah yang mirip, melakukan brainstorming, membagi dan mengatur, mencoba hipotesis, berpikir lateral, membuktikan ketidakmungkinan, dan menganalisis akar penyebab.
Selain hal tersebut, kita juga harus dapat berpikir secara kritis dan kreatif. Berpikir secara kritis berarti individu mampu mengalisis suatu masalah berdasarkan fakta sehingga menemukan keputusan akhir yang efektif. Sedangkan berpikir secara kreatif berarti individu mampu melihat masalah dengan pandangan yang berbeda atau jalan yang berbeda sehingga individu dapat membuat hasil yang berbeda. Dalam proses mengembangkan skill=skill kita, kita juga harus mampu sadar akan diri kita sendiri dan memiliki empati. Ketika kita memahami diri kita sendiri kita akan mampu melihat kekurangan dan kelebihan kita sehingga kita tahu apa yang harus kita perbuat kedepannya. Manusia tanpa empati cenderung kehilangan arah maka dari itu kita juga memerlukan empati karena empati akan membuat kita dapat menghargai barang/ilmu/makhluk hidup.
Kesan : Webinar ini sangat bermanfaat bagi saya karena setelah mengikuti webinar saya semakin tahu skill apa saja yang harus saya kembangkan untuk dapat menjadi lebih baik.
Pesan : Sebaiknya dalam menampilkan video lebih diperhatikan karena suara yang terdengar sering terputus-putus ketika webinar berlangsung.
"Mengasah Critical life skill"
A.Problem-olving and Desicion- Making
1. Analogy : Menyesuaikan solusi dengan masalah sebelumnya yang memiliki fitur atau mekanisme serupa
2. Brainstroming : (terutama diantara kelompok orang) menyarankan sejumlah besar solusi atau ide dan menggabungkan dan mengembangkannya hingga solusi optimal ditemukan.
3. Divide and Conqure : Memecahkan masalah besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan dapat dipecahkan
4. Hypotesis Testing : Asumsi yang mungkin untuk masalah dan mencoba untuk membuktikan (atau dalam beberapa konteks,menyangkal) asumsi.
5. Lateral Testing : Mendekati solusi secara tidak langsung dan kreatif.
6. Proof of imposibility
7. Root cause analysis
B. Lateral thinking
What-When
a. tidak ada best pratice ,belum ada solusinya atau terlalu complex.
b. tidak selalu soal linear thinking, kita bisa memanfaatkan problem.
How
a. jika kita tidak bisa menghilangkannya, kita gunakan saja.
b. hal kreatif apa yang bisa kita lakukan terhadap problem itu
c. Critical Thinking and creative
d. Communication and initerpersonal skills
Challenge to improve communication & interpersonal skills - talk to strangers
f. Self - awareness and Empathy.
Nama : Kirana octaviana putri
Kelas : If4605
Nim : 1301223247
Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni
Mengasah Critical Life Skill
Top 10 Emerging Jobs in 2022
- Data Analysts and Scientists
- AI and Machine Learning specialists
- General and operations managers
- Software and applications developers and analysts
- Sales and Marketing Professionals
- Big Data Specialist
- Digital Transformation Specialists
- New Technology Specialists
- Organisational Development Specialists
- Information Technology Services
Sebagai mahasiswa Informatika, kita harus memanfaatkan kesempatan dalam emerging jobs dan mengasah skill - skill yang diperlukan untuk meraih kesempatan itu, dengan top 10 skillnya pada tahun 2020 sebagai berikut.
- Complex Problem Solving
- Critical Thinking
- Creativity
- People Management
- Coordinating with Others
- Emotional Intelligence
- Judgment and Decision Making
- Service Orientation
- Negotiation
- Cognitive Flexibility
Selain skill - skill tersebut, ada juga skill yang sangat penting didapatkan bagi kita mahasiswa Informatika yang disebut sebagai
Critical Life Skill
1. Problem Solving And Decision Making
- Analogy: Mengadaptasi sebuah solusi dari permasalahan sebelumnya yang mempunyai fitur atau mekanisme yang mirip.
- Brainstorming: Mensugesti, khususnya pada sejumlah orang, banyak solusi atau ide dan menyatukan dan mengembangkannya sampai menjadi solusi yang optimal.
- Divide and conquer: Memecahkan masalah yang besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil yang bisa diselesaikan.
- Hypothesis testing: Mengasumsikan penjelasan yang mungkin terhadap suatu permasalahan dan mencoba untuk membuktikan asumsi tersebut.
- Lateral thinking: Menghadapi solusi secara tidak langsung dan kreatif
- Proof of impossibility: Mencoba untuk membuktikan bahwa masalah tersebut tidak bisa diselesaikan. Poin dimana pembuktian itu gagal akan menjadi poin awal untuk menyelesaikannya.
- Root cause analysis: Mengidentifikasi penyebab dari suatu masalah.
- Critical Thinking
Kemampuan untuk menganalisa fakta, bukti, observasi, dan argumen dalam bentuk keputusuan.
- Creative Thinking
Kemampuan untuk melihat hal dalam pandangan berbeda, dan menemukan jalan baru untuk memecahkan suatu masalah.
3. Communcation and Interpersonal Skills
- Communication Skills
Kemampuan untuk memberi, menerima, dan memproses informasi. Itu adalah sifat yang bisa membuat kita untuk meminta permintaan, menanyakan pertanyaan, memahami instruksi, memberi arah dan informasi dengan jelas dan ringkas.
- Interpersonal Skills
Kemampuan untuk menangani konflik, kerjasama, empati, mendengar dan bersikap positif. Menjadi fleksibel dan positif, bisa mendengar dan komunikasi dengan baik termasuk komunikasi verbal dan nonverbal.
4. Self Awareness and Empathy
- Self-awareness
Kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana aksi, pikiran, atau emosi kita selaras atau tidak dengan standar diri. Jika kita memiliki kesadaran diri tinggi, kita bisa mengevaluasi diri secara objektif, mengatur emosi kita, dan melaraskan aksi kita dengan nilai diri dan memahami dengan benar bagaimana orang lain melihat kita.
- Empathy
Kemampuan untuk memahami apa yang orang lain rasakan, dan empati sangatlah penting pada kecerdasan emosional kita.
Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni
I'm Tamam
Mengasah Critical Life Skill
The Jobs Landscape in 2022
Top 10 Emerging
1. Data Analysts and Scientists
2. AI and Machine Learning specialists
3. General and oprations managers
4. Software and applications developers and analysts
5. Sales and Marketing Professionals
6. Big Data Specialist
7. Digital Transformation Specialists
8. New Technology Specialists
9. Organisational Development Specialists
10. Information Technology Services
TOP 10 SKILLS
in 2020
1.Complex Problem Solving
2.Critical Thinking
3.Creativity
4.People Management
5.Coordinating with Others
6.Emotional Intelligence
7.Judgment and Decision Making
8.Service Orientation
9.Negotiation
10.Cognitive Flexibility
in 2015
1.Complex Problem Solving
2.Coordinating with Others
3.People Management
4.Critical Thinking
5.Negotiation
6.Quality Control
7.Service Orientation
8.Judgment and Decision Making
9.Active Listening
10.Creativity
Critical Life Skill
1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING
2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING
3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL
4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY
Problem Solving And Decision Making
Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms
Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found
Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems
Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or,
in some contexts, disprove) the assumption
Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively
Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it
Root cause analysis: identifying the cause of a problem
Critical Thinking and Creative Thinking
Critical Thinking
The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.
Creative Thinking
the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.
Communicational and Interpersonal Skills
Communications skills
the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions,
understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness
Interpersonal skills
the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list
communicating well include verbal c nonverbal communication
Communication & Interpersonal Skills Examples
Friendliness and empathy
Active listening
Giving & accepting constructive feedbac
Public speaking
Reflection
Being open minded
Written communication
Trustworthiness
Digital communication
Confidence
Clarity
Active questioning
Nonverbal communication
Responsiveness
Self-Awareness and Empathy
Self-awareness
the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards
If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo
Empathy
the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence
become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information
Mengasah Critical Life Skill
The Jobs Landscape in 2022
Top 10 Emerging
1. Data Analysts and Scientists
2. AI and Machine Learning specialists
3. General and oprations managers
4. Software and applications developers and analysts
5. Sales and Marketing Professionals
6. Big Data Specialist
7. Digital Transformation Specialists
8. New Technology Specialists
9. Organisational Development Specialists
10. Information Technology Services
TOP 10 SKILLS
in 2020
1.Complex Problem Solving
2.Critical Thinking
3.Creativity
4.People Management
5.Coordinating with Others
6.Emotional Intelligence
7.Judgment and Decision Making
8.Service Orientation
9.Negotiation
10.Cognitive Flexibility
in 2015
1.Complex Problem Solving
2.Coordinating with Others
3.People Management
4.Critical Thinking
5.Negotiation
6.Quality Control
7.Service Orientation
8.Judgment and Decision Making
9.Active Listening
10.Creativity
Critical Life Skill
1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING
2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING
3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL
4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY
Problem Solving And Decision Making
Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms
Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found
Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems
Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or,
in some contexts, disprove) the assumption
Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively
Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it
Root cause analysis: identifying the cause of a problem
Critical Thinking and Creative Thinking
Critical Thinking
The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.
Creative Thinking
the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.
Communicational and Interpersonal Skills
Communications skills
the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions,
understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness
Interpersonal skills
the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list
communicating well include verbal c nonverbal communication
Communication & Interpersonal Skills Examples
Friendliness and empathy
Active listening
Giving & accepting constructive feedbac
Public speaking
Reflection
Being open minded
Written communication
Trustworthiness
Digital communication
Confidence
Clarity
Active questioning
Nonverbal communication
Responsiveness
Self-Awareness and Empathy
Self-awareness
the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards.
If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo
Empathy
the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information
Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni
I'm Tamam
Mengasah Critical Life Skill
The Jobs Landscape in 2022
Top 10 Emerging
1. Data Analysts and Scientists
2. AI and Machine Learning specialists
3. General and oprations managers
4. Software and applications developers and analysts
5. Sales and Marketing Professionals
6. Big Data Specialist
7. Digital Transformation Specialists
8. New Technology Specialists
9. Organisational Development Specialists
10. Information Technology Services
TOP 10 SKILLS
in 2020
1.Complex Problem Solving
2.Critical Thinking
3.Creativity
4.People Management
5.Coordinating with Others
6.Emotional Intelligence
7.Judgment and Decision Making
8.Service Orientation
9.Negotiation
10.Cognitive Flexibility
in 2015
1.Complex Problem Solving
2.Coordinating with Others
3.People Management
4.Critical Thinking
5.Negotiation
6.Quality Control
7.Service Orientation
8.Judgment and Decision Making
9.Active Listening
10.Creativity
Critical Life Skill
1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING
2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING
3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL
4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY
Problem Solving And Decision Making
Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms
Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found
Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems
Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or,
in some contexts, disprove) the assumption
Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively
Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it
Root cause analysis: identifying the cause of a problem
Critical Thinking and Creative Thinking
Critical Thinking
The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.
Creative Thinking
the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.
Communicational and Interpersonal Skills
Communications skills
the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions,
understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness
Interpersonal skills
the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list
communicating well include verbal c nonverbal communication
Communication & Interpersonal Skills Examples
Friendliness and empathy
Active listening
Giving & accepting constructive feedbac
Public speaking
Reflection
Being open minded
Written communication
Trustworthiness
Digital communication
Confidence
Clarity
Active questioning
Nonverbal communication
Responsiveness
Self-Awareness and Empathy
Self-awareness
the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards
If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo
Empathy
the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence
become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information
Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni
I'm Tamam
Mengasah Critical Life Skill
The Jobs Landscape in 2022
Top 10 Emerging
1. Data Analysts and Scientists
2. AI and Machine Learning specialists
3. General and oprations managers
4. Software and applications developers and analysts
5. Sales and Marketing Professionals
6. Big Data Specialist
7. Digital Transformation Specialists
8. New Technology Specialists
9. Organisational Development Specialists
10. Information Technology Services
TOP 10 SKILLS
in 2020
1.Complex Problem Solving
2.Critical Thinking
3.Creativity
4.People Management
5.Coordinating with Others
6.Emotional Intelligence
7.Judgment and Decision Making
8.Service Orientation
9.Negotiation
10.Cognitive Flexibility
in 2015
1.Complex Problem Solving
2.Coordinating with Others
3.People Management
4.Critical Thinking
5.Negotiation
6.Quality Control
7.Service Orientation
8.Judgment and Decision Making
9.Active Listening
10.Creativity
Critical Life Skill
1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING
2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING
3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL
4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY
Problem Solving And Decision Making
Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms
Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found
Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems
Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or,
in some contexts, disprove) the assumption
Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively
Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it
Root cause analysis: identifying the cause of a problem
Critical Thinking and Creative Thinking
Critical Thinking
The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.
Creative Thinking
the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.
Communicational and Interpersonal Skills
Communications skills
the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions, understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness
Interpersonal skills
the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list
communicating well include verbal c nonverbal communication
Communication & Interpersonal Skills Examples
Friendliness and empathy
Active listening
Giving & accepting constructive feedbac
Public speaking
Reflection
Being open minded
Written communication
Trustworthiness
Digital communication
Confidence
Clarity
Active questioning
Nonverbal communication
Responsiveness
Self-Awareness and Empathy
Self-awareness
the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards
If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo
Empathy
the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence
become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information
Hellen Allysa Putri
1301223067
IF-46-05
Resume Pendidikan Karakter Sharing Alumni
INarasumber : Tamam
Mengasah Critical Life Skill
The Jobs Landscape in 2022
Top 10 Emerging
1. Data Analysts and Scientists
2. AI and Machine Learning specialists
3. General and oprations managers
4. Software and applications developers and analysts
5. Sales and Marketing Professionals
6. Big Data Specialist
7. Digital Transformation Specialists
8. New Technology Specialists
9. Organisational Development Specialists
10. Information Technology Services
TOP 10 SKILLS
in 2020
1.Complex Problem Solving
2.Critical Thinking
3.Creativity
4.People Management
5.Coordinating with Others
6.Emotional Intelligence
7.Judgment and Decision Making
8.Service Orientation
9.Negotiation
10.Cognitive Flexibility
in 2015
1.Complex Problem Solving
2.Coordinating with Others
3.People Management
4.Critical Thinking
5.Negotiation
6.Quality Control
7.Service Orientation
8.Judgment and Decision Making
9.Active Listening
10.Creativity
Critical Life Skill
1.PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING
2.CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING
3.COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL
4.SELF-AWARENESS AND EMPATHY
Problem Solving And Decision Making
Analogi: menyesuaikan solusi dengan masalah sebelumnya yang memiliki fitur atau mekanisme serupa
Brainstorming: (terutama di antara kelompok orang) menyarankan sejumlah besar solusi atau ide dan menggabungkan serta mengembangkannya hingga solusi optimal ditemukan
Bagi dan taklukkan pemecahan masalah yang besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan dapat dipecahkan
Pengujian hipotesis: mengasumsikan penjelasan yang mungkin untuk masalah dan mencoba membuktikan (atau,
dalam beberapa konteks, menyangkal) asumsi tersebut
Berpikir lateral: mendekati solusi secara tidak langsung dan kreatif
Bukti ketidakmungkinan: coba buktikan bahwa masalah tidak dapat diselesaikan. Titik di mana pembuktian gagal akan menjadi titik awal untuk menyelesaikannya
Analisis akar penyebab: mengidentifikasi penyebab masalah
Critical Thinking and Creative Thinking
Critical Thinking
Kemampuan untuk menganalisis fakta, bukti, pengamatan, dan argumen yang tersedia untuk membentuk penilaian
Creative Thinking
kemampuan untuk melihat berbagai hal secara berbeda menemukan cara baru untuk memecahkan masalah, keluar dari kebiasaan.
Interpersonal skills
kemampuan untuk menangani konflik, empati tim, mendengarkan, dan sikap positif Menjadi fleksibel dan positif, mampu membuat daftarberkomunikasi dengan baik termasuk komunikasi verbal c nonverbal
Communication & Interpersonal Skills Examples
Friendliness and empathy
Active listening
Giving & accepting constructive feedbac
Public speaking
Reflection
Being open minded
Written communication
Trustworthiness
Digital communication
Confidence
Clarity
Active questioning
Nonverbal communication
Responsiveness
Self-Awareness and Empathy
Self-awareness
kemampuan untuk fokus pada diri sendiri dan bagaimana tindakan, pikiran, atau emosi Anda sejalan atau tidak sejalan dengan standar internal Anda
Jika Anda sangat sadar diri, Anda dapat mengevaluasi diri Anda secara objektif, mengelola emosi Anda, menyelaraskan perilaku Anda dengan nilai-nilai Anda, dan memahami dengan benar bagaimana orang lain memandang Anda.
Empathy
kemampuan untuk memahami perasaan orang lain, dan itu sangat penting untuk kecerdasan emosional
menjadi lebih sadar akan perasaan dan emosi orang lain dan melibatkan tanggapan terhadap orang berdasarkan informasi ini
Mengasah Critical Life Skill
The Jobs Landscape in 2022
Top 10 Emerging
- Data Analysts and Scientists
- AI and Machine Learning specialists
- General and oprations managers
- Software and applications developers and analysts
- Sales and Marketing Professionals
- Big Data Specialist
- Digital Transformation Specialists
- New Technology Specialists
- Organisational Development Specialists
- Information Technology Services
TOP 10 SKILLS in 2020
- Complex Problem Solving
- Critical Thinking
- Creativity
- People Management
- Coordinating with Others
- Emotional Intelligence
- Judgment and Decision Making
- Service Orientation
- Negotiation
- Cognitive Flexibility
- Complex Problem Solving
- Coordinating with Others
- People Management
- Critical Thinking
- Negotiation
- Quality Control
- Service Orientation
- Judgment and Decision Making
- Active Listening
- Creativity
Critical Life Skill
- PROBLEM-SOLVING AND DECISION-MAKING
- CREATIVE THINKING AND CRITICAL THINKING
- COMMUNICATION AND INTERPERSONAL SKILL
- SELF-AWARENESS AND EMPATHY
Problem Solving And Decision Making
- Analogy: adapting the solution to a previous problem which has similar features or mechanisms
- Brainstorming: (especially among groups of people) suggesting a large number of solutions or ideas and combining and developing them until an optimum solution is found
- Divide and conquer breaking down a large, complex problem into smaller, solvable problems
- Hypothesis testing: assuming a possible explanation to the problem and trying to prove (or, in some contexts, disprove) the assumption
Lateral thinking: approaching solutions indirectly and creatively
Proof of impossibility: try to prove that the problem cannot be solved. The point where the proof fails will be the starting point for solving it
Root cause analysis: identifying the cause of a problem
Critical Thinking and Creative Thinking
- Critical Thinking
The ability to analyze available facts, evidence, observations, and arguments to form a judgement.
- Creative Thinking
the ability to look at things differently find new ways of solving problems, tr out of the box.
Communicational and Interpersonal Skills
- Communications skills
the ability to pass, receive and process information. They are the traits that allow you to make requests, ask questions, understand instructions, give direction and relay information with clarity and conciseness
- Interpersonal skills
the ability to handle conflict, teamwo empathy, listening, and a positive att Being flexible and positive, able to list communicating well include verbal c nonverbal communication
Communication & Interpersonal Skills Examples
- Friendliness and empathy
- Active listening
- Giving & accepting constructive feedbac
- Public speaking
- Reflection
- Being open minded
- Written communication
- Trustworthiness
- Digital communication
- Confidence
- Clarity
- Active questioning
- Nonverbal communication
- Responsiveness
- Self-awareness
the ability to focus on yourself and how your actions, thoughts, or emotions do or don't ali with your internal standards If you're highly self-aware, you can objectivel evaluate yourself, manage your emotions, align your behavior with your values, and understand correctly how others perceive yo
- Empathy
the ability to understand how others are feeling, and it is absolutely critical to emotional intelligence become more aware of the feelings and emotions of other people and involves responses to people based on this information
Webinar minggu ke-8 ini membahas tentang "Bagaimana Cara Mengasah Critical Skill"
Yang dibawakan oleh seorang alumni yaitu Bapak Tamami Efendi, dimana beliau berkerja sebagai Manajer di perusahaan Telkomsel
Menurut narasumber, terdapat beberapa skil yang harus dikuasai di tahun 2020 yaitu
- Complex Problem Solving
- Critical Thinking
- Creativity
- People Management
- Coodinating with Others
- Emotional Intellegence
- Judgment and Decision Making
- Service Orientation
- Bargaining
- Cognitive Flexibility
Critical Life Skill :
Merupakan sebuah skill yang diperlukan dalam kehidupan kita di zaman sekarang.
1. Problem Solving and Decision Making
Mengapa Problem solving dan decision making merupakan skill yang penting di masa depan ?
karena dua hal di atas tidak sekedar memecahkan masalah ataupun membuat suatu keputusan, problem solving secara tidak langsung merupakan pola pikir yang positif dan juga dapat menjadi suatu pemecah masalah. Secara tidak langsung problem solving dan decision making tidak hanya digunakan dalam permasalahan yang ada di lingkungan kerja, ataupun kuliah tetapi, dapat mengontrol kehidupan kita agar lebih baik.
Sebelum melanjutkan ke materi berikutnya, di bawah ini terdapat beberapa bagian atau isi yang ada di dalam problem solving itu sendiri. Berikut penjelasannya :
- Analogy : Adaptasi solusi dari permasalahn sebelum yang dimana memiliki fitur atau mekanisme yang mirip
- Brainstorming : Menyediakan solusi ataupun ide dengan jumlah yang banyak lalu menyatukan serta mengembangkannya sampai solusi yang optimal ditemukan
- Divide and Conquer : Memecah masalah yang rumit menjadi mengecil, sehingga dapat menjadi masalah yang dapat diselesaikan
- Hypothesis testing : Mengasumsikan penjelasan yang mungkin terhadap masalah dan berusaha membuktikan asumsi tersebut
- Lateral Thinking : Mendekati solusi secara tidak langsung dan kreatif
- Proof of impossibility : Berusaha membuktikan jika masalah tidak dapat diselesaikan. Poin dimana pembuktian gagal akan menjadi poin awal untul menyelesaikannya
- Root cause analysis: Mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah
2. Creative Thinking and Critical Thinking
Berpikir secara kreatif dan kritis juga merupakan skill yang penting di masa sekarang, dengan adanya creative thinking kita bisa menemukan suatu cara yang kreatif dan baru, sedangkan dengan critical thinking kita bisa memahami sesuatu secara logika dan metuskan mana yang paling tepat, keduanya juga bisa saling berkesinambungan. Contoh dari Creative thinking : merancang sebuah desain, menemukan alat baru untuk penyakit kanker, cara memotong pengeluaran listrik yang berlebihan. Contoh dari Crtitical thinking : Mengambil keputusan secara matang, mengamati masalah dan responsif.
Dibawah ini merupakan pengertian secara general :
a) Creative Thinking -> Sebuah kemampuan untuk melihat sesuatu secara berbeda, dan menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah, berpikir diluar dari kotak/kebiasaan.
b) Critical Thinking -> Sebuah kemampuan untuk menganalisa fakta, bukti, observasi dan argumen untuk menilai sesuatu.
3. Communication dan Interpersonal Skills
Skill lainnya yang perlu di kuasai yaitu skill komunikasi dan keterampilan sosial, mengapa ? Karena tanpa adanya komunikasi yang baik dan interaksi yang baik juga, maka permasalahan bersama yang perlu diselesaikan tidak bisa diselesaikan dengan baik, dan bisa terjadi kesalah pahaman, oleh karena itu berinteraksi dan berkomunikasi merupakan hal yang penting, dan tentunya agar kita bisa melakukannya secara lancar, kita perlu melatih skill ini.
Berikut pengertiannya secara general :
a) Communication skills -> Sebuah kemampuan untuk memberi, menerima dan memproses informasi. Itu semua merupakan sifat-sifat yang akan membuat kita untuk membuat permintaan, meminbuat pertanyaan, mengerti perintah, dan memberi petunjuk dan informasi terkait dengan jelas dan ringkas
b) Interpersonal Skills -> Sebuah kemampuan untuk menangani konflik, bekerja sama, empati, mendengarkan, dan bersikap positif. Menjadi fleksibel dan positif, bisa menjadi pendengar, dan berkomunikasi dengan baik meliputi komunikasi secara verbal dan nonverbal.
Contoh - contoh lainnya
4. Self Awareness and Empathy
Skill terakhir yang perlu dikuasai yaitu kesadaran diri dan empati, dengan kesadaran diri kita bisa memahami diri kita lebih baik, bagaimana karakter kita, sifat emosi atau perasaan yang ada dan juga cara kita beradaptasi dengan lingkungan, hal tersebut dapat membantu kita untuk mengembangkan diri. Lalu, Empati adalah suatu kemampuan kita atau seseorang untuk mengerti bagaimana perasaan yang lain. Dengan adanya empati kita bisa membangun interaksi sosial yang baik, melatih kecerdasaan emosional kita sendiri, dan melatih tolong menolong antar sesama.
Berikut pengertian secara general :
a) Self-awareness -> Kemampuan untuk fokus terhadap diri sendiri dan bagaimana aksi, pikiran, dan emosi lakukan atau tidak selaras dengan standar diri.
b) Empathy -> Kemampuan untuk mengerti bagaimana perasaan orang lain, dan sangat penting untuk kecerdasan emosional.
Kesimpulan, dalam kehidupan ini ternyata kita memerlukan skill yang tidak hanya sekedar bisa untuk berkomunikasi saja ataupun cukup memiliki skill pemecah masalah yang baik. Kita memerlukan semua skill di atas, selain dapat berguna dalam kehidupan sosial, skill tersebut juga sangat membantu dalam kehidupan sehari - hari. Kita perlu melatih diri kita, agar bisa memiliki 4 skill di atas.